Cara Melubangi Lantai Beton

Sebagian dari kita yang bergelut dalam dunia konstruksi seperti pembangunan rumah, gedung dan lainnya pasti sudah tidak asing lagi mendengaar kata coring beton (core drill). apa itucoring beton? ,coring beton adalah pekerjaan melubangi lantai ataupun dinding beton, Dewasa ini banyak kegiatan konstruksi yang memerlukan metode coring beton untuk memenuhi kebutuhannya seperti kebutuhan pembuatan saluran pipa, jalur kabel, jalur air, ventilasi, dan kebutuhan lainnya.

Lalu bagaimana cara melubangi lantai beton?

Pekerjaan coring beton bukan pekerjaan yang mudah karena proses melubangi beton harus dilakukan secara benar sesuai prosedur dan harus dilakukan oleh tenaga ahli yang sudah berpengalaman dan menggunakan mesin coring yang berkualitas agar hasilnya semakin bagus.

Sebelum memulai pekerjaan coring beton hendaknya kita mengetahui mesin coring yang bagus untuk coring beton. Adapun kriteria mesin coring beton sesuai digunakan adalah sebagai berikut :

  • Performa perputaran yang bagus

Perputaran mesin bor ini akan mempengaruhi lubang hasil coring beton, semakin bagus performa perputarannya semakin cepat dan bagus lubang yang dihasilkan.

  • Minim Getaran

Mesin coring yang bagus adalah mesin coring yang dapat meminimalisir getaran. Semakin sedikit getaran maka semakin berkualitas pula lubang hasil pengeboran. Sebaliknya, jika mesin coring memiliki getaran yang sangat kuat maka lubang hasil pengeborannya akan menjadi tidak rapi dan akan berantakah,

  • Mata Coring

Mata coring yang digunakan pada proses coring beton (core drill) haruslah mata coring yang tajam dan kuat  agar dapat menembus beton bahkan memotong/memutus besi sekalipun, Ada banyak jenis mata coring dengan diameter dan panjang beragam yang dapat digunakan dan disesuaikan dengan kebutuhan coring anda.

Setelah mengetahui mesin coring yang cocok digunakan dalam pekerjaan coring beton maka selanjutnya adalah mengetahui cara melubangi lantai beton, adapun cara melubangi lantai beton (core drill) adalah sebagai berikut :

  • Marking

Lakukan marking atau penandaan titik yang akan di coring sesuai kebutuhan anda,

  • Pasangkan mesin coring

Anda dapat menggunakan mesin coring dengan duduan yang beragam seperti dudukan yang dapat dikunci pada lantai beton dengan menggunakan dinaset ataupun dudukan pad yang tidak akan merusak lantai beton karena sifatnya menempel pada beton. pasangkan mesin coring sesuai dengan titik yang akan dicoring.

  • Pasangkan selang air pada mesin coring

pasangkan selang air pada mesin coring, air ini menjadi media pembantu yang akan melumuri mata coring dengan air ketika melakukan proses coring, cara ini dimaksudkan agar mata coring tidak cepat panas dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

  • Mulai proses coring

Nyalakan mesin coring dan mulai proses coring beton dengan menggunakan mata coring dan kedalaman coring sesuai kebutuhan.

  • Cabut mesin coring

Setelah proses coring selesai maka selanjutnya adalah mengeluarkan puing lantai yang ada pada mata coring.


Sumber : Youtube - Cara Melubangi Lantai Beton 


Pekerjaan coring beton aanda memerlukan penyedia layananjasa Coring Beton berbagai diameter mulai dari 1 inch, 2 inch, 3 inch, 4 inch, 5 inch, 6 inch dan 8 inch dengan kedalaman yang dapat anda sesuaikan, seger ahubungi :

Fatur 0813-8003-0515 ( Klik UntukWhatsapp )


0 komentar:

Posting Komentar