Cara melubangi lantai untuk jalur pipa

Mungkin beberapa diantara anda akan merasa asing Ketika mendengar kata Plumbing, apa itu Plumbing? Istilah Plumbing erat kaitannya dengan pipa air dan bagian penting dari proses penyaluran/pengiriman air. Tanpa adanya plumbing maka air dari sumber pusat tidak akan bisa disalurkan. Bahkan dalam satu rumah plumbing berperan untuk mengalirkan air yang diterima dari pusat ke seluruh ruangan yang membutuhkannya seperti kamar mandi, dapur, wastafl.

Jadi sistem plumbing merupakan salah satu sistem utilitas bangunan yang berkaitan dengan teknologi pemasangan pipa dan perlengkapannya untuk menyediakan air bersih dengan tekanan yang cukup dan disalurkan ke tempat yang diinginkan, serta menyediakan sistem pembuangan limbah tanpa mencemari lingkungan sekitar untuk menciptakan kondisi higienis, bersih dan nyaman.

Bagaimana instalasi pipa saluran air jika ingin disalurkan dari satu ruangan ke ruangan lain seperti ke ruangan dibawahnya yang terhalang lantai?

Untuk dapat memasangkan pipa dari area atas ke area bawah tentunya harus melubangi terlebih dahulu lantainya. Lalu cara melubangi lantai untuk jalur pipa itu bagaimana? Dalam postingan kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara melubangi lantai untuk jalur pipa.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melubangi lantai diantaranya adalah sistem bobok beton dan sistem coring beton.

Sistem Bobok Beton


Cara melubangi lantai untuk jalur pipa menggunakan sistem bobok adalah membongkar beton pada area tertentu sesuai dengan area yang telah di marking (ditandai) kemudian mulai di bobok hingga besi tulangan terlihat secara utuh.

Sistem Coring Beton

Cara melubangi lantai untuk jalur pipa menggunakan sistem coring beton adalah dengan menggunakan mesin yang dinamakan mesin core drill. Mesin core drill ini dapat melubangi beton dengan bentuk bulat dan diameter yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Dari dua metode diatas, metode coring beton adalah metode yang paling cocok digunakan untuk melubangi lantai beton dikarenakan penggunaan mesin core drill dapat mempercepat, mempermudah dan menghasilkan lubang pada lantai dengan presisi, rapi dan bagus dibandingkan dengan sistem bobok beton yang memakan waktu lama serta hasil yang kurang maksimal.

Berikut adalah cara melubangi lantai untuk jalur pipa :

  1. Persiapkan terlebih dahulu peralatan yang akan digunakan antaia lain mesin coring beton (core drill), mata coring sesuai kebutuhan diameter lubang, dynaset, mesin bor tangan, kabel roll, selang dan wadah air.
  2. Lakukan pengeboran pada lantai beton untuk memasangkan dynaset pada lantai , setelah lantai di bor kemudian masukan dynaset pada lantaiPasangkan tuas pengunci pada dinaset yang tertanam didalam lantai beton
  3. Letakan mesin coring pada lantai beton yang telah terpasang tuas pengunci kemudian kencangkan dan pastikan mesin coring telah terkunci, hal ini dilakukan agar meisn coring (core drill) tidak bergerak maupun bergeser saat proses coring.
  4. Pasangkan selang air pada mesin coring lalu mulai alirkan airnya, air disini bertujuan untuk melumasi mata coring pada saat proses coring untuk memperlancar, mempermudah dan mencegah terjadinya mata coring terjepit.
  5. Nyalakan mesin coring dan mulai turunkan mata coring menuju lantai beton, anda dapat meniakan dan menurunkan mata coring pada saat proses coring beton menggunakan tuas kendali yang ada pada mesin coring.
  6. Setelah proses coring selesai dan lantai berhasil dilubangi maka angkat mata coring dari lantai beton. 
  7. Buka pegunci mesin coring dan Lepaskan mesin coring dari lantai beton
  8. Keluarkan puing beton yang terpotong di dalam mata coring

Diatas adalah cara melubangi lantai untuk jalur pipa, cara ini sangat mudah, cepat dan biayanya pun terjangkau.

Coring Beton Indonesia merupakan penyedia layanan jasa coring beton dinding dan lantai berbagai diameter dan kedalaman yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda mulai dari diameter 1 inch, 2 inch, 3 inch, 4 inch, 5 inch, 6 inch dan 8 inch.

Jasa coring beton kami adalah jasa coring beton dengan jaminan kualitas terbaik di Indonesia. Kami telah bertahun – tahun mengerjakan pekerjaan coring beton di berbagai wilayah di Indonesia. Sumber daya manusia yang terampil dan dengan dukungan mesin core drill terbaru yang canggih sehingga hasilnya akan sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Dapatkan segera jasa coring beton dengan harga terjangkau, hubungi :

Fatur 0813-8003-0515 ( Klik UntukWhatsapp )


Apa Itu Pengujian Core Drill

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai apa itu core drill? dalam pembahasan kali ini kita akan membahas apa itu pengujian core drill?

seperti yang telah diketahui sebelumnya Core Drill adalah pekerjaan melubangi beton menggunakan mesin core drill yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti pembuatan jalur pipa saluran air, jalur kabel, ventilasi, skylight dan dapat juga digunakan untuk pengambilan sample material guna pengujian core drill

Jasa Core Drill Berbagai Diameter 0813-8003-0515

Pengujian Core Drill

mendengar kata pengujian core drill pasti kita langsung berfikir mengenai pengujian, pengetesan pada suatu benda. pengujian core drill ini adalah pengujian pada sample material beton untuk mengetahui ketebalan, kualitas, karakteristik campuran perkerasan  dari suatu beton. cara untuk mendapatkan sample suatu beton yang akan dilakukan pengujian adalah dengan cara core drill. biasanya pengujian core drill ini dilakukan di beberapa titik yang telah ditentukan bersama.


Adapun peralatan yag digunakan dalam pengujian core drill adalah sebagai berikut :

  1. Mesin core drill
  2. Mata coring
  3. Air
  4. Kabel Roll
  5. Dynaset
  6. Palu
  7. Mesin bor tangan

Berikut adalah langkah pengambilan sample material beton untuk pengujian core drill: 
  • Lakukan pengeboran pada beton dengan menggunakan mesin bor tangan
  • Masukan Dynaset pada beton
  • Letakan mata coring pada beton
  • Kunci mesin coring menggunakan tuas pada dynaset yang telah terpasang sebelumnya. Penguncian ini dilakukan agar mesin core drill tidak bergeser saat digunakan.
  • Pasangkan selang air yang telah tersambung pada sumber air, air ini berfungsi untuk pendingin dan juga agar mata bor tidak eepat aus serta mengalami kerusakan dan kemacetan pada saat digunakan.
  • Hidupkan mesin core drill
  • Turunkan mata coring menggunakan tuas unutk menaik turunkan mata core drill secara perlahan pada titik yang telah ditentukan sampai ekdalaman tertentu
  • Setelah proses core drill selesai maka angkat kembali mata coring menggunakan tuas pengangkat
  • Kemudian keluarkan puing beton dari dalam mata core drill
  • Puing beton siap untuk diuji di lab
Coring beton Indonesia adalah penyedia layanan jasa core drill yang bisa anda gunakan utnuk pengambilan sample material beton mulai dari diameter 1 inch, 2 inch, 3 inch, 4 inch, 5 inch, 6 inch dan 8 inch dengan kedalaman yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda.

untuk informasi dan pemesanan jasa core drill berbagai diameter dapat menghubungi kami melalui telepon dan whatsapp pada nomor :

Fatur 0813-8003-0515 ( Klik Untuk Whatsapp )

Apa itu Core Drill Aspal?

Core drill adalah pekerjaan melubangi beton  baik pada dinding maupun pada lantai beton namun apakah anda tahu? core drill tidak hanya dapat dilakukan unutk media beton tetapi dapat juga dilakukan pada media aspal. dalam artikel ini kita akan membahas apa itu core drill aspal?

mendengar kata aspal mungkin anda langsung berfikir mengenai jalan raya, sebenarnya apa itu aspal? sebelum kita mengetahui apa itu core drill aspal alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu aspal.

aspal yaitu material perekat (cementitious), berwarna hitam dengan unsur utama yaitu bitumen yang diperoleh dari residu hasil pengilangan minyak bumi dan berfungsisebagai pengikatagregat dalam pembuatann jalan. aspal dipilih sebagai material untuk konstruksi jalan karena mempunyai sifat pekat (consistency), tahan terhadap pelapukan yang disebabkan oleh cuaca, derajat pengerasan dan ketahanan terhadap air. aspal memiliki sifat viscoleastis dan tergantung dari waktu pembebanan. aspal akan mencair jika dipanaskan sampai temperatur tertentu dan akan kembali membeku jika temperatur turun.

Coring beton Indonesia melayani pekerjaan melubangi media aspal menggunakan mesin yang bernama mesin core dril. biasanya pekerjaan melubangi aspal ini dilakukan untuk pengambilan sample material yang kemudian akan diuji di laboratorium untuk mengetahui karakteristik aspal baik dari ketebalan dan kualitas aspalnya.

mesin core drill yang digunakan dalam pekerjaan core drill aspal adalah mesin core drill yang baik dan memiliki kriteria sebagai berikut :

  • Mesin yang kuat 

mesin core drill haruslah memiliki ketahanan mesin yang kuat agar dapat digunakan untuk pekerjaan coring yang berat sekalipun

  • Minim getaran

untuk menghasilkan lubang yang presisi maka mesin coring harus memiliki fungsi minim getaran pada saat melakukan proses coring.karena jika mesin coring memiliki getaran yang berlebih dapat menghasilkan lubang coring yang jelek baik dari ukuran diameternya yang lebih lebar dari seharusnya dan bentuk lubangnya yang tidak bulat sempurna.

  • Perputaran mata coring yang baik

perputaran mesin coring haruslan cepat dan stabil, spesifikasi mesin coring sangat mempengaruhi perputaran mata coring. perputaran yang cepat juga dapat meningkatkan produktifitas pekerjaan coring sehingga dapat menghasilkan lubang coring yang banyak dalam waktu yang cepat.

  • Mata coring yang tajam

Mata coring yang digunakan haruslah mata coring yang kuat dan tajam sehingga dapat menembus media yang dilaluinya seperti beton, besi tulangan dan aspal.

jadi core drill aspal adalah pekerjaan melubangi media aspal yang dapat digunakan untuk pengambilan sample material aspal. Coring Beton Indonesia menyediakan layanan jasa pekerjaan core drill aspal dengan ragam variasi diameter mulai dari diameter 1 inch, 2 inch, 3 inch, 4 inch, 5 inch, 6 inch dan 8 inch.

jasa core drill aspal yang kami suguhkan adalah jasa terbaik dengan dikerjakan oleh tim berpengalaman dan dengan mesin yang canggih , modern serta berkualitas tinggi. untuk informasi dan pemesanan dapat langsung menghubungi :

Fatur 0813-8003-0515 ( Klik UntukWhatsapp )


Cara Coring Beton

Seperti yang anda ketahui coring beton merupakan pekerjaan melubangi lantai dan dinding beton dengan menggunakan alat yang dinamakan mesin coring beton. 

Anda dapat membaca penjelasan mengenai mesin coring beton disini. 

Adapun cara coring beton adalah disamping menggunakan mesin coring beton yang bagus juga menggunakan bantuan media air dan teknik coring beton yang baik. Sebelum memulai pekerjaan coring beton yang harus dipersiapkan adalah : 

  • Mesin coring beton 
  • Kabel roll dan listrik 
  • Mata coring 
  • Dynaset 
  • Mesin bor tangan Dan scop / alas untuk mesin coring (dipakai untuk coring pada marmer, keramik, granit)
  • selang air
  • air

Adapun cara coring beton adalah sebagai berikut : 

  • Pastikan penanda/marking titik yang akan di coring sudah sesuai 
  • Lakukan pengeboran pada beton menggunakan mesin bor tangan untuk pemasangan dynaset.
  • masukan dynaset pada lubang hasil pengeboran
  • masukan mesin coring dan pasangkan tuas pengunci pada dynaset. tuas penunci ini berfungsi mengunci mesin coring agar tidak bergeser ketika digunakan
  • setelah mesin coring terpasang maka sambungkan selang air pada mesin coring
  • nyalakan mesin coring untuk memulai proses coring
Pada saat proses coring air akan melumasi mata coring yang berfungsi untuk mempermudah proses coring dan mengindari mata coring terjepit. kemudian ada tuas pada mesin coring yang dapat digunakan untuk menaikan dan menurunkan posisi mesin coring.

Coring Beton Indonesia adalah penyedia layanan jasa coring beton berbagai diameter mulai dari diameter 1 inch, 2 inch, 3 inch, 4 inch, 5 inch, 6 inch dan 8 inch. kami memberikan jaminan mutu terbaik untuk setiap jasa coring beton kami selain itu kami selalu menerapkan metode dan cara coring beton yang baik dan benar sehingga hasil dari jasa coring kami sangat rapi dan bagus.

Berikut adalah cara coring beton :


Sumber : Youtube - Cara Melubangi Lantai Beton 

Selain dari metode yang digunakan, jasa coring beton kami dikerjakan oleh tim ahli dan berpengalaman selama bertahun - tahun dalam pekerjaan coring beton berbagai diameter di seluruh Indonesia. dengan didukung oleh peralatan terbaik seperti mesin coring yang canggih dan moder.

untuk informasi dan pemesanan dapat menghubungi :

Fatur 0813-8003-0515 ( Klik UntukWhatsapp )


Coring Beton Diameter 8 inch

Untuk membuat lubang pada beton dengan diameter 8 inch ada beberapa metode yang dapat digunakan. Metode bobok beton dapat digunakan untuk  membuat lubang pada beton namun hasil bobok beton biasanya tidak rapih dan malah cenderung merusak beton yang ada.metode lain yang dapat digunakan adalah metode coring beton diameter 8 inch.


metode coring beton ini adalah pekerjaan melubangi lantai maupun dinding beton menggunakan mesin coring beton yang disebut core drill. untuk menghasilkan coring beton diameter 8 inch yang bagus dan rapi maka harus dipersiapkan :

Tim Ahli

Tim ahli yang sudah berpengalaman dalam mengerjakan pekerjaan coring beton di berbagai wilayah di Indonesia. yang tentunya sudah tidak asing dengan berbagai medan untuk pekerjaan coring beton pada lantai dan dinding beton dengandiameter dan kedalaman yang bervariasi.

Mesin Coring Canggih

Mesin Coring yang digunakan haruslah mesin coring yang kuat, memiliki mata coring dengan diameter beragam serta tajam. Selain itu mesin yang kuat dan perputaran mesin yang baik akan mempengaruhi hasil dari coring beton diameter 8 inch ini.

Anda bisa mendapatkan semua itu hanya di Coring Beton Indonesia, dengan harga yang terjangkau dan dapat memenuhi kebutuhan anda. segera hubungi kami melalui telepon dan whatsapp pada nomor :

Fatur 0813-8003-0515 ( Klik UntukWhatsapp )


Coring Beton Diameter 6 inch

Jika anda mencari jasa coring beton diameter 6 inch terbaik di Indonesia maka anda datang ke tempat yang sangat tepat. Coring Beton Indonesia adalah penyedia layanan jasa coring beton terbaik dan sudah dikenal memberikan hasil pekerjaan yang sangat rapi.


Coring beton Indonesia menghadirkan layanan jasa coring beton diameter 6 inch. digunakan untuk apa coring beton diameter 6 inch ini? coring beton diameter 6 inch ini dapat anda gunakan untuk berbagai keperluan seperti pembuatan saluran pipa , saluran udara, jalur kabel, pembuatan  lubang untuk tiang, pembuatan skylight dan lainnya.

jasa coring beton diameter 6 inch dari kami tidak hanya dapat diaplikasikan pada lantai maupun dinding beton, namun dapat juga diaplikasikan pada media seperti aspal, batu, granit, marmer dan lainnya.

Coring beton yang baik haruslah menggunakan teknik yang sesuai dengan metode coring yang baik dan benar, selain itu penggunaan mesinnya pun harus menggunakan mesin yang memiliki mata coring yang tajam, perputaranmesin yang baik dan minim dari getaran. semuanya bisa anda dapatkan hanya di Coring Beton Indonesia

segera hubungi kami utnuk informasi dan pemesanan melalui sambungan telepon dan whatsapp pada nomor :

Fatur 0813-8003-0515 ( Klik UntukWhatsapp )


Coring Beton DIameter 4 inch

Anda membutuhkan jasa coring beton diameter 4 inch dan diameter lainnya?


Coring Beton Indonesia menyediakan layanan jasa coring beton diameter 4 inch dan diameter lainnya yang dapat anda gunakan untuk pembuatan jalur pipa saluran air, jalur kabel, ventilasi, skylight dan lainnya. segera dapatkan jasa coring beton diameter 4 inch dengan menghubungi kami melalui telepon dan whatsapp pada nomor :

 Fatur 0813-8003-0515 ( Klik UntukWhatsapp )

Mengapa anda harus memilih layanan jasa coring beton diameter 4 inch dari Coring Beton Indonesia ?



Coring beton Indonesia selalu mengedepankan dalam setiap produk maupun layanan jasa salah satunya adalah ajsa coring diameter 4 inch yang sudah tidak perlu diragukan lagi karena keunggulannya anara lain :

  • Hasil rapi
  • Harga terjangkau
  • Sumber daya manusia profesional
  • Mesin canggih dan modern
  • Metode coring yang baik dan benar
  • Serta pelayanan yang ramah dan nyaman

Prioritas kami adalah memenuhi kebutuhan coring beton anda terutama untuk jasa coring beton diameter 4 inch. segera dapatkan harga terbaik utnuk jasa coring beton diameter 4 inch dengan cara menghubungi kami melalui whatsapp maupyn telepon pada nomor :

Fatur 0813-8003-0515 ( Klik UntukWhatsapp )


Coring Beton DIameter 5 Inch

Coring beton adalah pekerjaan melubangi beton dengan diameter yang beragam mulai dari 1 inch hingga 8 inch, salah satu jasa yang disediakan oleh Coring Beton Indonesia adalah jasa coring beton diameter 5 inch.

Jasa coring beton diameter 5 inch dari coring beton indonesia merupakan jasa terbaik untuk coring lantai beton karena dikerjakan oleh tim yang sangat ahli dalam pekerjaan coring beton dan didukung oleh peralatan coring beton yang canggih dan modern sehingga hasil pekerjaan coirng betonnya rapi dan bagus.

Coring beton diameter 5 inch ini dapat anda gunakan untuk pembuatan jalur pipa saluran air, jalur kabel, Ventilasi, Skylight dan lainnya. Coring beton diameter 5 inch ini bisa diaplikasikan tidak hanya pada beton tetapi pada media lain seperti aspal, marmer, granit dan lainnya.

Segera dapatkan harga terbaik untuk jasa coring beton diameter 5 inch dengan kedalaman yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. untuk informasi dan pemesanan segera hubungi :

Fatur 0813-8003-0515 ( Klik UntukWhatsapp )