Cara melubangi lantai untuk jalur pipa

Mungkin beberapa diantara anda akan merasa asing Ketika mendengar kata Plumbing, apa itu Plumbing? Istilah Plumbing erat kaitannya dengan pipa air dan bagian penting dari proses penyaluran/pengiriman air. Tanpa adanya plumbing maka air dari sumber pusat tidak akan bisa disalurkan. Bahkan dalam satu rumah plumbing berperan untuk mengalirkan air yang diterima dari pusat ke seluruh ruangan yang membutuhkannya seperti kamar mandi, dapur, wastafl.

Jadi sistem plumbing merupakan salah satu sistem utilitas bangunan yang berkaitan dengan teknologi pemasangan pipa dan perlengkapannya untuk menyediakan air bersih dengan tekanan yang cukup dan disalurkan ke tempat yang diinginkan, serta menyediakan sistem pembuangan limbah tanpa mencemari lingkungan sekitar untuk menciptakan kondisi higienis, bersih dan nyaman.

Bagaimana instalasi pipa saluran air jika ingin disalurkan dari satu ruangan ke ruangan lain seperti ke ruangan dibawahnya yang terhalang lantai?

Untuk dapat memasangkan pipa dari area atas ke area bawah tentunya harus melubangi terlebih dahulu lantainya. Lalu cara melubangi lantai untuk jalur pipa itu bagaimana? Dalam postingan kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara melubangi lantai untuk jalur pipa.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melubangi lantai diantaranya adalah sistem bobok beton dan sistem coring beton.

Sistem Bobok Beton


Cara melubangi lantai untuk jalur pipa menggunakan sistem bobok adalah membongkar beton pada area tertentu sesuai dengan area yang telah di marking (ditandai) kemudian mulai di bobok hingga besi tulangan terlihat secara utuh.

Sistem Coring Beton

Cara melubangi lantai untuk jalur pipa menggunakan sistem coring beton adalah dengan menggunakan mesin yang dinamakan mesin core drill. Mesin core drill ini dapat melubangi beton dengan bentuk bulat dan diameter yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Dari dua metode diatas, metode coring beton adalah metode yang paling cocok digunakan untuk melubangi lantai beton dikarenakan penggunaan mesin core drill dapat mempercepat, mempermudah dan menghasilkan lubang pada lantai dengan presisi, rapi dan bagus dibandingkan dengan sistem bobok beton yang memakan waktu lama serta hasil yang kurang maksimal.

Berikut adalah cara melubangi lantai untuk jalur pipa :

  1. Persiapkan terlebih dahulu peralatan yang akan digunakan antaia lain mesin coring beton (core drill), mata coring sesuai kebutuhan diameter lubang, dynaset, mesin bor tangan, kabel roll, selang dan wadah air.
  2. Lakukan pengeboran pada lantai beton untuk memasangkan dynaset pada lantai , setelah lantai di bor kemudian masukan dynaset pada lantaiPasangkan tuas pengunci pada dinaset yang tertanam didalam lantai beton
  3. Letakan mesin coring pada lantai beton yang telah terpasang tuas pengunci kemudian kencangkan dan pastikan mesin coring telah terkunci, hal ini dilakukan agar meisn coring (core drill) tidak bergerak maupun bergeser saat proses coring.
  4. Pasangkan selang air pada mesin coring lalu mulai alirkan airnya, air disini bertujuan untuk melumasi mata coring pada saat proses coring untuk memperlancar, mempermudah dan mencegah terjadinya mata coring terjepit.
  5. Nyalakan mesin coring dan mulai turunkan mata coring menuju lantai beton, anda dapat meniakan dan menurunkan mata coring pada saat proses coring beton menggunakan tuas kendali yang ada pada mesin coring.
  6. Setelah proses coring selesai dan lantai berhasil dilubangi maka angkat mata coring dari lantai beton. 
  7. Buka pegunci mesin coring dan Lepaskan mesin coring dari lantai beton
  8. Keluarkan puing beton yang terpotong di dalam mata coring

Diatas adalah cara melubangi lantai untuk jalur pipa, cara ini sangat mudah, cepat dan biayanya pun terjangkau.

Coring Beton Indonesia merupakan penyedia layanan jasa coring beton dinding dan lantai berbagai diameter dan kedalaman yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda mulai dari diameter 1 inch, 2 inch, 3 inch, 4 inch, 5 inch, 6 inch dan 8 inch.

Jasa coring beton kami adalah jasa coring beton dengan jaminan kualitas terbaik di Indonesia. Kami telah bertahun – tahun mengerjakan pekerjaan coring beton di berbagai wilayah di Indonesia. Sumber daya manusia yang terampil dan dengan dukungan mesin core drill terbaru yang canggih sehingga hasilnya akan sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Dapatkan segera jasa coring beton dengan harga terjangkau, hubungi :

Fatur 0813-8003-0515 ( Klik UntukWhatsapp )


0 komentar:

Posting Komentar